Ketahuilah Apa itu Payment Gateway dan Pentingnya di Era Serba Digital

Dunia bisnis online nampaknya semakin berkembang pesat akhir-akhir ini. Terlebih lagi saat pandemi Covid-19 menyerang, membuat semua orang tidak banyak keluar rumah. Kegiatan berbelanja atau shopping pun sekarang bisa dengan mudah dilakukan secara online. Oleh karena itulah, muncullah berbagai marketplace yang menjual berbagai produk, mulai dari pakaian, jam tangan, elektronik, gadget, produk digital, bahkan makanan pun bisa dengan mudah ditemukan.

Untuk memudahkan para pembeli, tentu di dalam marketplace atau e-commerce tersebut harus ada sistem pembayaran yang praktis dan aman. Baik marketplace melalui website maupun aplikasi, semuanya membutuhkan sistem pembayaran ini. Sistem pembayaran ini sering disebut payment gateway atau payment service provider(PSP) di kalangan marketplace builder dan programmer. Berikut ini adalah penjelasannya.

Payment Gateway

Payment Gateway adalah layanan pembayaran yang memungkinkan pembeli di marketplace yang kita miliki untuk bisa langsung melakukan pembayaran di marketplace kita, baik melalui website maupun aplikasi. Seperti namanya, payment gateway ini merupakan gerbang bagi pembeli untuk bisa melakukan pembayaran secara instan.

Adapun opsi pembayaran yang wajib ada dalam payment gateway yaitu m-banking dan e-wallet. M-banking adalah layanan mobile yang disediakan bank kepada nasabahnya agar bisa langsung melakukan pembayaran non tunai hanya lewat telepon genggam penggunanya. Di Indonesia sendiri m-banking ada beragam, namun yang sering digunakan adalah bank-bank ternama, seperti BNI, BRI, BCA, Permatabank, dan Mandiri.

Sedangkan untuk e-wallet merupakan layanan dompet digital yang baru-baru ini hadir beriringan dengan maraknya marketplace di Indonesia. Dompet digital ini berfungsi hampir sama dengan bank, yaitu untuk menyimpan dana dan memindahkan dana dari satu pihak ke pihak lain. E-wallet juga bisa dipindahkan ke dalam rekening bank untuk dicairkan atau sekadar dijadikan tabungan. Jadi, baik e-wallet dan m-banking semuanya saling berhubungan dan dipergunakan oleh banyak masyarakat saat ini. E-wallet di Indonesia contohnya adalah Shopeepay, OVO, LinkAja, Dana, dan masih banyak lagi.

Selain kedua layanan tersebut, payment gateway juga memungkinkan pembayaran melalui kartu kredit dan kartu debit. Contohnya adalah melalui Visa, Mastercard, American Express, JCB, dan lain sebagainya. Adanya kemudahan pembayaran yang ditawarkan payment gateway kepada pembeli di marketplace akan membuat bisnis online kalian semakin berkembang.

Dalam pemilihan payment gateway untuk e-commerce atau marketplace tidak boleh sembarang, mengingat ini sangat penting dan menyangkut dana penjualan di bisnis kalian. Jadi, pilihlah payment gateway yang memang benar-benar terpercaya, memiliki pelayanan bagus, dan tanggung jawab penuh terhadap pembayaran di marketplace seperti durianpay.id. Kalian akan mendapat fitur pembayaran yang lengkap, mudah, dan cepat. Bahkan, ada pencatatan otomatis yang memudahkan kalian untuk meninjau perkembangan bisnis online kalian.

Durianpay.id tak hanya sebagai payment gateway, tetapi juga payment aggregator menyediakan berbagai opsi pembayaran yang telah disebutkan di atas, ada BRI, BCA, BNI, Mandiri, Permatabank, Shopeepay, OVO, LinkAja, Dana, bahkan berbagai macam kartu kredit pun bisa, sesuai dengan permintaan kalian. Proses instalasi payment gateway di durianpay.id juga cukup mudah, jika bingung bisa mempelajari terlebih dahulu di website-nya atau meminta bantuan dari developer untuk memasangkannya. Dengan biaya layanan yang terjangkau membuat profit bisnis kalian bisa dimaksimalkan. Jangan khawatir terhadap keamanan dananya, durianpay.id telah berpengalaman dan telah banyak testimoninya. Coba sekarang dan rasakan perkembangan pada bisnis kalian. Bisnis akan terasa semakin profesional dengan adanya payment gateway yang disediakan durianpay.id.