Bagaimana Proses Pengiriman Barang Pindahan ke Luar Pulau?

Berpindah tempat tinggal atau berpindah rumah adalah hal yang wajar dilakukan. Bahkan pada zaman dahulu, manusia purba pun melakukan hal tersebut. Manusia zaman dahulu bertempat tinggal secara berpindah-pindah atau secara nomaden tergantung dari ketersediaan sumber makanan. Hal tersebut masih dilakukan hingga zaman sekarang, meskipun tidak secara besar-besaran seperti zaman purba.

Di zaman sekarang ini, terkadang manusia perlu pindah rumah atau tempat tinggal karena berbagai alasan. Misalnya saja karena alasan pekerjaan seseorang harus berpindah ke tempat dimana ia ditugaskan. Lalu, bisa juga karena ingin menempuh pendidikan atau karena ingin menikmati suasana yang lebih nyaman. Dalam melakukan pindahan, baik rumah, kontrakan, maupun kos diperlukan jasa ekspedisi atau cargo yang memudahkan dalam pengiriman barang-barang ke tempat tinggal yang baru.

Dikarenakan kondisi geografis wilayah Indonesia yang berupa pulau-pulau dan dipisahkan oleh lautan, maka pengiriman barang pindahan bisa dimungkinkan lintas pulau. Seperti dari Jawa ke Sumatra, Sumatera ke Sulawesi, Jawa ke Papua, dan masih banyak lagi. Hal ini sangat umum terjadi di Indonesia.

Bagi kalian yang baru pertama kali melakukan pindahan antar pulau jangan khawatir dan jangan takut. Kebanyakan orang terlalu khawatir untuk melakukan pindahan ke pulau lain, salah satunya adalah masalah biaya dan kerumitannya. Padahal tidak demikian, pengiriman barang pindahan ke pulau lain tidaklah semahal dan serumit yang dibayangkan. Asal menemukan jasa ekspedisi yang tepat, semuanya akan menjadi mudah dan murah. Contohnya adalah Cargonesia yang menyediakan jasa kirim barang murah dengan pelayanan yang memuaskan. Kalian bisa mempelajarinya lebih dalam lagi.

Kembali ke pengiriman barang pindahan, bagaimana proses dan langkah-langkah mengirim barang pindahan ke luar pulau? Apakah mudah? Berikut penjelasannya.

Pengiriman Barang Pindahan ke Luar Pulau

Karena terpisahkan oleh laut, maka diperlukan sedikitnya 2 jenis moda transportasi yang berbeda. Diantaranya yaitu darat dan udara, maupun darat dengan udara, atau juga bisa kombinasi ketiganya jika wilayahnya sulit dijangkau. Lantas, bagaimana prosesnya? Proses dan langkahnya yakni sebagai berikut:

  1. Negosiasi dan Kesepakatan dengan Jasa Ekspedisi

Sebelum melakukan pengiriman, pasti ada proses negosiasi dan penentuan proses pengiriman. Tujuan dari proses ini adalah untuk mengetahui kejelasan pengiriman dan juga penentuan tarif yang tepat. Pastinya kalian ingin mendapatkan jasa kirim barang murah, bukan? Negosiasi adalah hal yang wajib, apalagi jika jumlah barang yang dikirim banyak, seperti barang pindahan.

  1. Pengangkutan Barang ke Truk Ekspedisi

Setelah negosiasi, truk ekspedisi akan datang di waktu yang telah ditentukan untuk proses pemuatan barang dan pengiriman hingga ke pelabuhan.

  1. Pemuatan Barang atau Truk Menggunakan Kapal di Pelabuhan

Perjalanan ke pulau lain akan dilanjutkan menggunakan kapal, biasanya kapal yang digunakan adalah kapal roro, kapal PELNI, ataupun kapal cargo yang memang khusus mengangkut barang.

  1. Bongkar Muat Kapal di Pulau Tujuan

Setelah sampai di pulau tujuan, barang atau truk akan dibongkar muat. Kalian tidak perlu risau akan hal ini sebab, semuanya telah diurus oleh pihak ekspedisi.

  1. Perjalanan Barang ke Tempat Tujuan

Lalu, barang tinggal diantar ke tempat tujuan dengan aman dan siap untuk diletakkan di tempat tinggal yang baru.

Itulah proses pengiriman barang pindahan ke luar pulau. Sama saja dengan pengiriman barang dengan metode paket, hanya saja ini dalam jumlah yang besar. Untuk kepengurusan dokumen ataupun tiket, semuanya sudah diurus oleh jasa ekspedisi. Jadi, kalian tidak perlu bersusah payah mengurus hal tersebut. Cukup mudah, bukan? Apabila kebingungan, pihak ekspedisi juga akan membantu mengarahkan pelanggan. Kuncinya hanya satu yaitu menemukan jasa ekspedisi yang terpercaya dengan pelayanan prima. Contohnya adalah Cargonesia.